Minggu, 20 Maret 2011

MENGATASI KANTUNG MATA

info bunda
Mata berkantung, lingkaran hitam, kerutan halus di bawah mata, atau mata yang turun, merupakan tanda kulit sedang mengalami proses penuaan. Karena itu, tak heran bila seseorang bisa terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya gara-gara problem di sekitar mata tadi.

"Saya sangat terganggu setiap kali orang bertanya kenapa saya terlihat sangat lelah, padahal saya sudah tidur cukup.

"Kantung mata di bawah kelopak yang semula tak begitu terlihat, tapi bila tak segera diatasi lama-lama akan makin jelas terlihat". Karena itu, di usia 20-an sebaiknya Anda mulai rajin mengoleskan eye cream di sekitar mata untuk menjaga kekenyalan kulit.

Kantung mata, merupakan bagian dari proses penuaan. "Secara alami ada lemak di bagian bawah mata yang diikat oleh ligamen. Nah, makin lama ligamen ini akan melemah sehingga lemak terdorong dan menumpuk di bawah mata, sehingga terlihat seperti kantung".

Selain faktor penuaan, masalah di sekitar mata juga bisa disebabkan karena faktor keturunan dan gaya hidup. "Sering begadang, terlalu banyak makanan yang asin, kurang minum, dan jarang berolahraga akan membuat kulit kehilangan elastisitas, termasuk di sekitar mata".

Resep alami

Selain kosmetik modern, sebenarnya banyak resep kecantikan alami untuk mengatasi problem kulit di mata. Yang paling popular adalah mengompres area mata dengan kantong teh celup yang dibekukan, irisan timun, atau es batu. "Untuk sementara, bahan-bahan itu memang bisa mengatasi bengkak di bawah mata".

Ahli dermatologi Audry Kunin, dalam bukunya The DERMAdoctor Skinstruction Manual, mengatakan teh hijau bisa jadi solusi untuk menyingkirkan kantung mata. Kandungan senyawa anti inflamasi, yang disebut EGCG, yang terdapat dalam teh hijau bisa mengurangi cairan yang menyebabkan mata terlihat sembab.

Sementara itu untuk hasil yang bertahan agak lama, Anda juga bisa mencoba suntik botox yang efektif mengurangi kerutan dan meningkatkan kekenyalan kulit.

Atau bisa juga mencoba beberapa tips berikut ini :

1. Kompres mata dengan air dingin.
Caranya, ambilah washlap, terus celupkan pada air dingin dan kompreskan pada kedua mata. Khasiatnya akan segera terasa, kita akan merasa tenang, rilex dan membuat mata terasa sejuk. Lakukan hal ini sekitar 10 menit, sebelum kita pergi tidur. Besok pagi pas kita bangun, akan terlihat kantong mata sudah menghilang atau paling nggak, sedikit berkurang pada kasus-kasus berat yang sulit disembuhkan karena terlambat ditangani.

2. Kompres kantung teh celup bekas.
Yaitu dengan mengkompres kedua mata menggunakan kantong teh celup yang sudah terpakai alias bekas. Pejamkan mata, letakkan kantong teh celup yg sudah terpakai di kedua kelopak mata, diamkan selama 15-30 menit kemudian lepaskan. Lakukan malam menjelang tidur secara rutin sampai kantung mata menghilang.

3. Gunakan irisan ketimun.
Caranya, iris buah ketimun. Terus tempelkan ke mata sambil terpejam selama tidur.
4. Pakai parutan bengkoang.
Caranya dengan memarut bengkoang dan menempelkannya pada mata selama 10-15 menit sebelum tidur. Setelah itu, cuci muka dengan air saja tanpa sabun dan tidurlah sampe pagi.

5. Masker kentang.
Kentang mengandung enzim Catecholase yang banyak digunakan sebagai bahan kosmetik untuk mencerahkan kulit. Cara mengaplikasikannya untuk mengatasi kantung mata adalah, kentang dikupas, diiris tipis kemudian diblender hingga menjadi jus. Lalu tempelkan kedaerah kantung mata, tapi hati-hati hindari kontak langsung dengan mata, karena akan terasa pedih . Diamkan 15 hingga 20 menit. Sesudah itu bersihkan residu tepung kentang yang tersisa dgn menggunakan air kemudian lap dengan handuk atau kain lembut. Lihat hasilnya kantung mata akan sedikit berkurang. lakukan ini secara terus-menerus hingga kantong mata benar-benar hilang.

Demikianlah sedikit tips untuk menghilangkan kantung mata, silahkan dilihat dan dipilih mana yang cocok di hati, kondisi dan apresiasi. Silahkan mencoba......

--berbagai sumber--